Selasa, 05 Desember 2017

COWORKING SPACE



Apasih coworking space?


Tahu istilah ini dari postingan mba Vicky L di blognya Vicky 

Iya dalam rangka lomba penulisan blog soal Coworking space bernama EV Hive.
Teruuuus mau ikutan lomba nulisnya gitu?
Ngga berani laaah, tahu istilah Coworking Space aja barusan, masa udah sok sok an mau nulis soal ini.
Tapi  ngga apa apa kan kalau saya mencoba menulis soal coworking space ini,
Tentunya dari hasil browsing browsing saja....
Psst yang jelas siiih langsung ke TKP aka web resminya EV Hive https://evhive.co/
Sebelum panjang panjang sok tahu soal coworking space ini, yuuuk buka dulu wikipedia, yang kasih penjelasan seerti ini:
Kerja bersama (coworking) adalah cara bekerja dengan tempat kerja yang saling berbagi, biasanya di sebuah kantor dan kegiatan indepeden. Berbeda dengan lingkungan kerja pada umumnya, peserta kerja bersama biasanya bukan dari organisasi yang sama.[1] Kerja bersama diminati oleh para profesional yang kerja dari rumah, kontraktor independen atau orang-orang yang sering bepergian dan butuh bekerja di wilayah terpencil.[2] Cara ini juga merupakan sarana berkumpul dengan orang-orang yang masih bekerja secara independen, namun memiliki tujuan yang sama[3] dan tertarik olleh sinergita yang dapat terjadi ketika beekrja bersama orang yang menghargai bekerja di tempat yang sama.[4][5]
Jadi dalam pemahaman emak bloger jadi2an ini Coworking space itu adalah bekerja bersama orang lain disatu area tanpa ada hubungan keterikatan pekerjaan baik dengan sesama pengunjung maupun dengan pemilik tempat.
Ngasal ya ngartiinya, ngga jauh beda laaah ya kan?
Ngebayanginnya aja seru banget yaaa... Apalagi liat gambar gambarnya. Gambar situasi di salah satu coworking space di Jakarta.
Ruangan kerja emang sih ngga private banget, malah hampir seperti meja belajar bersama. Tapi ada beberapa yang didesain lebih cozy. Nyaman bareng orang lain tanpa takut senggolan atau saling tabrak, malah bisa saling curhat lho... Ealah emak2  masih aja cari temen curhat.
Maksudnya curhat disini saling berbagi lhooo.... Iyalah perlu juga kan sambil kerja sambil say hai sama sebelah, atau kalau ada sesuatu yang kayanya perlu pendapat orang lain bolehlah nanya2 dikit asal jangan keseringan ganggu ya kan?
By the way eniway basway, Coworking space ini kalau dibaca baca dari artian secara harfiah maupun secara kenyataan yang terbaca dari webnya, emang cocok banget buat startup2 yang memang lagi mulai berkembang dengan modal sendiri aka terbatas ( ngga bilang modal dengkul ya), yang mesti ditunjang tingkat kreatifitas tinggi, kecepatan signal internet dan suasana yang mendukung.
Nah yang bikin bingung lagi apa sih startup, dari kemarin kemarin itu baca baca di internet banyak disebut "startup", halah bukan emak si reygha kalau ngga sok tahu.
Browsing dong, iya cuman modal koneksi internet sama laptop kantor atau hp aja, cari2 deh apaan tuh startup.
Konon katanya Startup itu adalah pelaku bisnis yang baru memulai alias sedang merintis bisnis barunya. Jadi lah pelakunya yang biasanya masih berusia muda, pintar dan kreatif ini dengan modal terbatas lebih banyak memilih untuk berkantor di tempat semacam Coworking space.
Lho kenapa mesti ke coworking space?. Kan bis dirumah, dikamar sendiri atau sewa ruangan kantor. Seperti tadi disebutin yaaa modal masih terbatas, buat sewa kantor masih belum memungkinkan. Kalau dihitung hitung sih belum perlu banget. Trus kenapa ngga kerja dirumah aja ga perlu jauh jauh kan santai bisa pake kaos oblong atau daster (psst ini mah emak reygha).
Santai dirumah? Terlalu santai bro /sis, ngga kepasang target kebanyakan leyeh leyeh malah lupa kerja hehehe atau malah kebanyakan ngemil atau malah bablas main medsos.
Belum lagi kalau suasana rumah ngga kondusif.... beuh siapa yang mau tanggung jawab kerjaan kapan kelar?. Butuh konsentrasi juga kali biarpun kerja sendiri juga..... Iya kan?
Terus lagi kenapa ngga di cafe atau di tempat ngupi ajaaah?....Waaah budget buat jajan doang, belum lagi kalau rasa kopi atau teh ga sesuai dengan selera. Trus cemilan cemilan yang seiprit harganya selangit?....Ampuuun deh kesian bo startup muda kita.
Nah udah deh emang paling cocok deh COWORKING SPACE. Dih pake hurup kapital pula iklan banget ngga sih?
Iya Kalau saya sih emak emak bloger jejadian ini, ngebayanginnya pasti pas banget kerja di tempat macam coworking space ini.
Tempatnya cozy, adem, mendukung konsentrasi dan mikir yang enak, hemat iya bisa sewa per jam, perhari atau waktu yang dibutuhkan aja. Terus bisa pake fasilitas yang ada standar kan fasilitas orang kerja di kantor lah. Bisa ngopi atau ngeteh sesuai selera bahkaaan bisa ngemil sesuai keinginan dan dompet kaaan, kaaaan gula, kopi atau teh nya boleh bawa dari rumah....hehehe.

Yuk ah ajakin ke coworkinspace, udah ada belum ya di Cikarang?
Mungkin udah ada....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DILAN 1990

http://www.bukabuku.com/browses/product/9786027870413/dilan-dia-adalah-dilanku-tahun-1990.html?=a83fa85438a2025e652b4a6c88d91f82 Belum...